Masker Kain Yang Dapat Dicuci Efektif Menyaring Partikel Virus Bahkan Setahun Penggunaan

“Bukan hanya WRI yang mengatakan turun,” kata Joko Supriyono menyinggung laporan World Resources Institute mengenai laju laju deforestasi Indonesia yang dipublikasikan beberapa waktu lalu. Dalam laporan lembaga itu, disebutkan bahwa tingkat deforestasi hutan di Indonesia terus turun dan untuk pertama kalinya Indonesia keluar dari tiga negara teratas di dunia yang kehilangan hutan primer. “Kita juga punya data sangat kongkrit bahwa laju deforestasi Indonesia turun,” lanjutnya. “Aktivitas ekonomi dan investasi di pasar Eropa harus bebas dari isu deforestasi, lingkungan hidup, dan HAM,” tegas Andri Hadi.

Permintaan kita bukan mayoritas kebutuhan nasional, nasional masih mendominasi,” terangnya melalui sambungan telepon. Pedagang aksesoris ponsel Mangga Dua Mall berinisial HW mengaku, dirinya telah mengalami kesulitan untuk mengapat pasokan barang dari China selama sebulan terakhir. Wabah coronavirus membuat impor dari China anjlok 51% dari US$1,09 miliar pada Desember 2019 menjadi US$463 juta pada akhir Februari 2020. Industri batubara Indonesia terbagi dengan hanya sedikit produsen besar dan banyak pelaku skala kecil yang memiliki tambang batubara dan konsesi tambang batubara . Dengan tingkat produksi saat ini , cadangan batubara international diperkirakan habis sekitar 112 tahun ke depan.

Impor pangan membantu kesediaan pangan nasional, tapi juga merugikan produksi pangan lokal. Perubahan pola makan masyarakat Indonesia yang beralih ke produk gandum telah menyingkirkan pangan lokal. Keprihatinan terhadap kualitas produk impor akan kandungan berbahaya misalnya karena Indonesia tidak mempunyai wewenang dalam proses produksi gandum di luar wilayah RI. Faktor kedekatan geografis antara Indonesia dan Australia menambahkan keuntungan komparatif dalam perdagangan gandum keduanya.

Ekspor bahan- bahan langka

Biaya terjadi karena penggunaan sumber daya, oleh karena itu perlu dipastikan bahwa aktivitas logistik tersebut harus memberikan nilai tambah berupa percepatan waktu distribusi. Efek dari kelemahan sistem distribusi ini berdampak simultan yaitu kelangkaan barang dan disparitas harga. Kelangkaan barang akan memicu peningkatan harga dan peningkatan harga akan memperlebar disparitas harga. Kelemahan manajemen distribusi juga menjadi penyebab kelangkaan barang. Distribusi barang yang tidak lancar, dengan lead time yang jauh dari waktu regular akan menyebabkan barang tidak sampai ke pasar dengan tepat waktu.

Selain sanksi tersebut.ancaman pidana tersebut seharusnya cukup keras untuk membuat takut para pelaku penyelundupan barang. Tetapi ternyata di lapangan masih banyak yang berani dan mencari celah untuk bisa melakukan penyelundupan barang demi keuntungan diri dan pihak tertentu. Maka dari itu, harus ada tindakan lain yang dilakukan oleh pihak pemerintah dan bea cukai untuk bisa mengatasi masalah ini semaksimal mungkin.

Alasan penetapan RIPH sebagai sarana menuju swasembada, dinilainya tak relevan. Terhadap komoditas ini, Indonesia tergantung luar negeri, khususnya China. Produk-produk UMKM di Indonesia memiliki potensi yang sangat besar untuk menembus pasar ekspor. Dengan melakukan ekspor, UMKM berpotensi untuk mendapatkan keuntungan yang lebih besar, karena pasarnya akan menjadi semakin luas. Hanya saja, masih banyak yang tidak mengetahui dan memahami bagaimana prosedur dan mekanisme yang harus dilalui supaya produknya bisa dieskpor ke luar negeri. Langkah pertama yaitu kita perlu untuk memilih produk yang memiliki potensi ekspor dan produk yang ingin dijual, produk bukan merupakan barang yang dibatasi atau dilarang untuk diekspor.

Sekjen Indonesia Maritime, Logistic and Transportation Watch Achmad Ridwan Tentowi mengungapkan, hal tersebut mengakibatkan terjadinya kenaikan harga pengiriman logistik dari Indonesia ke Amerika dan negara Eropa.

Diketahui, sejak berita penyebaran virus corona marak, masker seperti barang langka yang sulit dicari. Sekretaris Jenderal Himpunan Pedagang Pasar Pramuka Yoyon mengatakan keberadaan masker mulai menipis di Pasar Pramuka, Jakarta Timur, karena sudah mulai jarang gross sales yang mengantar masker terutama yang berjenis N95. Lebih lanjut, tim terpadu ini juga akan mengusut dugaan penimbunan masker dari oknum penjual. “Kalau umpamanya ada pengusaha yang menimbun bahan pokok di saat kondisi negara kurang bagus, tentu itu ada pidananya,” ungkapnya. Pelaksana Tugas Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah DKI Elizabeth Ratu Rante Allo menyebut kelangkaan masker disebabkan habisnya stok bahan baku dari China. “Memang UKM kesulitan bahan baku. Sebagai alternatifnya saat ini banyak UKM di Soloraya membuat produk yang dari ‘recycle’, ranting, akar. Ini dilakukan sebagai salah satu bentuk inovasi produk,” katanya.

Sementara itu terkait kebutuhan bahan pangan pokok, Agus menyebut gula pasir, bawang putih dan bawang putih saat ini menjadi perhatian khusus pemerintah karena stok yang terbatas. Kementerian Perdagangan mengeluarkan regulasi baru untuk menstabilkan harga masker dan hand sanitizer. Lewat Permendag Nomor 23 Tahun 2020 tentang Larangan Sementara Ekspor Antiseptik, Bahan Baku Masker, Alat Pelindung Diri, dan Masker, Kemendag melarang keras kegiatan ekspor masker dan hand sanitizer. Kelangkaan adalah salah satu faktor paling signifikan yang mempengaruhi penawaran dan permintaan. Kelangkaan barang memainkan peran penting dalam mempengaruhi persaingan di setiap pasar berbasis harga. Hal ini terjadi ketika degradasi lingkungan atau faktor tak terduga lainnya menyebabkan pasokan sumber daya berkurang secara signifikan meskipun permintaan berada dalam batas regular.

Comments are Disabled